WISATA RAFTING BANDUNG – GEO OUTBOUND

RAFTING / ARUNG JERAM

Rafting TEMPAT WISATA RAFTING BANDUNG atau Arung jeram adalah suatu aktifitas pengarungan bagian alur sungai yang berjeram/riam, dengan menggunakan wahana tertentu. Pengertian wahana dalam pengarungan sungai berjeram / riam yaitu sarana / alat yang terdiri dari perahu karet, kayak, kano dan dayung. Tujuan berarung jeram bisa dilihat dari sisi olah raga, rekreasi dan ekspedisi.Jadi dengan demikian kita dapat definisikan bahwa olah raga Arung Jeram (White Water Rafting) merupakan olah raga mengarungi sungai berjeram, dengan menggunakan perahu karet, kayak, kano dan dayung dengan tujuan rekreasi atau ekspedisi.

Rafting atau Arung jeram sebagai olah raga kelompok, sangat mengandalkan pada kekompakan tim secara keseluruhan. Kerja sama yang terpadu dan pengertian yang mendalam antar awak perahu, dapat dikatakan sebagai faktor utama yang menunjang keberhasilan melewati berbagai hambatan di sungai. Tak dapat dibantah bahwa Arung Jeram merupakan olah raga yang penuh resiko (high risk sport). Namun demikian, setiap orang mampu melakukannya – asalkan dia dalam kondisi “baik”; baik dalam arti pemahaman teknis, kemampuan membaca medan secara kognitif, dan sehat fisik dan mental.

 

Jenis-Jenis Peralatan Rafting Yang Perlu Kamu Ketahui

Rafting merupakan salah satu olahraga air yang cukup menantang dan menguji adrenalin kita. Biasanya olahraga ini dilakukan secara kelompok dan dipimpin oleh seorang pemandu (bagi pengguna baru dalam olahraga rafting). Sebelum kamu memulai olahraga yang menantang ini, kamu harus mengetahui jenis-jenis peralatan rafting berikut ini :

  1. Pelampung ( Float )

Peralatan yang satu ini tentu sangat krusial untuk keselamatanmu. Untuk kamu yang tidak bisa renang, kamu bisa aman jika nantinya saat rafting kamu jatuh ke sungai. Sedangkan fungsi sekunder dari pelampung itu sendiri adalah sebagai body protector terhadap benturan.

  1. Helm ( Helmet )

Kamu tentu sudah tau fungsi pelindung kepala yang satu ini. Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi selama melakukan rafting, maka ada baiknya kita tetap melindungi kepala kita dari benturan yang keras.

  1. Dayung ( Paddle )

Dayung merupakan alat yang kamu gunakan untuk membantumu mengarahkan perahu ataupun untuk menggerakkan perahu karet yang kamu gunakan. Ada beberapa jenis dayung yang biasa digunakan untuk arung jeram yaitu dayung dari kayu, alumunium dan plastik, fiber glass, dsb. Berikut adalah beberapa sifat dari jenis-jenis dayng tersebut :

  • Dayung kayu lebih berat dan kekuatannya yang kurang dibanding lainnya
  • Dayung fiber glass cukup ringan tapi mudah pecah dan pecahannya sangat tajam dan bisa melukai orang lain
  • Dayung alumunium dan plastik cukup ringan dan mampu terapung di air. Kedua dayung tersebut lebih kuat dibanding dayung yang lainnya.
  1. Tali Lempar ( Throw Bag )

Berfungsi untuk keselamatan / pertolongan jika terjadi musibah.

  1. Pompa

Menjaga udara yang ada di dalam perahu karet. Ada dua jenis pompa yaitu pompa tangan dan pompa injak

  1. Tas Kedap Air ( Dry Bag )

Berguna sebagai tempat penyimpanan barang-barang kita supaya terhindar dari air. Biasanya berisi repair kit, P3K, kamera, dompet dan sebagainya.

 

 

 

 

 

geo outbound

Outbound Bandung Geo Adventure Indonesia adalah sebuah provider penyedia jasa outbound lembang, outbound bandung dan tempat lainnya Yang melayani kegiatan outdoor activity maupun indoor. Kami siap menyediakan segala kebutuhan anda mulai dari Perencanaan ( Plan ), Konsep, Persiapan ( preparation ), Pelaksanaan, Hingga proses Check Out. Selain itu kami juga siap menyediakan beragam fasilitas yang anda butuhkan untuk melaksanakan gathering outbound lembang, outbound bandung dan tempat lainnya,diantaranya meliputi Sarana Transportasi, Akomodasi ( Hotel, Villa, Resort, Camping Ground, Home Stay, Barak dan Villa ) , food and beverage ( Restaurant, Catering, Snack, Barbeque ), Dan jasa dokumentasi seperti Photo dan Video yang siap mengabadikan moment berharga bersama rekan anda. Office : 022 278 5484 Sambas : 0813 2099 3237 Eggo : 0811 2342 700 Email : infogeoadventure@yahoo.co.id Address: Jalan Sukanagara No. 160 RT. 06 RW. 04 Pagerwangi, Lembang, Bandung Jawa Barat, Indonesia 40391